SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN LAYANAN PASARWARGA

No: 004/LGL-PW/I/2018


Merchant wajib membaca Syarat dan Ketentuan Layanan Pendaftaran Merchant Pasarwarga ini (“Syarat dan Ketentuan Layanan”) sebagai syarat dalam penggunaan Layanan. Merchant diberi kebebasan sepenuhnya untuk menyetujui atau menolak Syarat dan Ketentuan Layanan ini. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan ini, Merchant mengikatkan diri pada segala ketentuan sebagaimana berikut:


1.DEFINISI

1.1 “Afiliasiadalah pihak pengendali salah satu Pihak, anak perusahaan salah satu Pihak atau pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan salah satu Pihak.
1.2 “Customer Service adalah fasilitas yang disediakan oleh Pasarwarga kepada Merchant dan Pelanggan untuk memberikan pelayanan termasuk namun tidak terbatas pada penanganan keluhan.
1.3 “Faktur Tagihan berarti suatu dokumen yang diterbitkan oleh Pasarwarga dan dikirimkan kepada Merchant yang memuat Biaya Layanan yang harus dibayarkan oleh Merchant kepada Pasarwarga.
1.4 “Harga Produkadalah nilai atas Produk dalam Layanan yang ditawarkan oleh Merchant kepada Pelanggan dihitung dalam satuan rupiah.
1.5 “Hari Kalenderadalah setiap hari dalam 1 (satu) tahun sesuai dengan kalender gregorius tanpa terkecuali termasuk Hari Kerja.
1.6 “Hari Kerja adalah hari selain Sabtu, Minggu dan hari libur nasional yang ditetapkan oleh pemerintahdan hari kerja biasa yang karena suatu keadaan tertentu ditetapkan oleh pemerintah sebagai bukan hari kerja.
1.7 “Konfirmasi Transaksiadalah proses konfirmasi baik secara langsung maupun secara tidak langsung yang dilakukan oleh Pelanggan atas Transaksi yang dilakukan sebagai tanda bahwa Produk yang dipesan telah diterima dan sesuai.  
1.8 “Kegiatan Promosi adalah suatu aktivitas pemasaran tertentu baik menggunakan metode offline maupun metode online sebagaimana diatur pada Confirmation Letter mengenai kegiatan promosi.
1.9 “Laporan berarti laporan atas data Transaksi yang terjadi didalam Layanan pada bulan berjalan sebelumnya yang diperhitungkan oleh Pasarwarga.
1.10 “Layanan adalah suatu sistem elektronik dengan layanan tertentu yang dimiliki oleh Pasarwarga berisi Toko dan Produk milik Merchant untuk diakses dan dikelola sendiri oleh Merchant melalui website www.pasawarga.com d an/atau melalui perangkat tertentu lainnya. Layanan sebagaimana dimaksud memuat informasi termasuk namun tidak terbatas pada informasi Merchant dan/atau Toko, informasi Pelanggan dan informasi Produk yang diperjual belikan didalam Layanan.
1.11 “Merchant adalah penjual Produk yang memiliki gerai fisik maupun online yang bekerjasama dalam penyediaan Layanan kepada Pelanggan dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
1.12 “Ongkos Kirim adalah biaya atas pengiriman Produk termasuk asuransi (jika ada) atas Produk yang akan dibebankan kepada Pelanggan dimana nilainya ditentukan oleh Afiliasi jasa pengiriman yang ditunjuk oleh Pasarwarga.
1.13 “Pasarwarga adalah PT Siwarga Indo Media sebagai pemilik dan penyelenggara Layanan.
1.14 “Pelanggan adalah pengguna Layanan milik Pasarwarga yang dapat melakukan Transaksi dengan Merchant.
1.15 “Pembayaran adalah proses pembayaran atas Harga Produk ditambah Ongkos Kirim baik oleh Pasarwarga, Pelanggan atau Afiliasi jasa pembiayaan Pasarwarga kepada Merchant atas Transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan sebagaimana yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
1.16 “Pengiriman Produk adalah proses distribusi atas Produk yang dipesan oleh Pelanggan yang telah mendapatkan Persetujuan atau Pembayaran. Mekanisme pengiriman sebagaimana yang dimaksud dilakukan oleh Merchant melalui Afiliasi jasa pengiriman yang ditunjuk oleh Pasarwarga sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
1.17 “Penolakan adalah proses penolakan oleh Afiliasi jasa pembiayaan dari Pasarwarga atas Transaksi melalui metode cicilan (kredit) yang dilakukan oleh Pelanggan dan diteruskan kepada Merchant.
1.18 “Permohonan adalah proses pengajuan atas Transaksi melalui metode cicilan (kredit) yang diajukan oleh Pelanggan.
1.19 “Persetujuanadalah proses persetujuan oleh Afiliasi jasa pembiayaan dari Pasarwarga atas Transaksi melalui metode cicilan (kredit) yang dilakukan oleh Pelanggan dan diteruskan kepada Merchant.
1.20 “Produk adalah barang dan/atau jasa milik Merchant yang terdapat didalam Layanan untuk ditawarkan dan dijual kepada Pelanggan yang menampilkan informasi termasuk namun tidak terbatas pada foto produk, informasi produk dan harga produk.
1.21 “Transaksi adalah serangkaian proses pemesanan atas Produk yang dijual Merchant oleh Pelanggan melalui Layanan baik dengan metode tunai (cash) maupun dengan metode cicilan (kredit) melalui Afiliasi jasa pembiayaan Pasarwarga sebagaimana yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini;
1.22 “Toko adalah gerai atau outlet memuat Produk yang didaftarkan oleh Merchant sehingga dapat diakses oleh Pelanggan didalam Layanan.   

2. PROSES PENDAFTARAN DAN PERSYARATAN MERCHANT


2.1 Sebagai bagian dari proses pendaftaran, Merchant setuju untuk melengkapi dan memenuhi persyaratan sesuai kategori Merchant sebagaimana dirinci pada saat proses pendaftaran baik dalam bentuk tertulis ataupun dalam bentuk elektronik (“Formulir Pendaftaran”). Merchant juga wajib melengkapi seluruh dokumen legalitas yang diperlukan.
 
2.2 Pasarwarga memiliki diskresi untuk tidak melanjutkan proses pendaftaran Merchant atau menghentikan Layanan terhadap Merchant karena alasan-alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada:
a. Merchant sedang atau pernah terlibat dalam tindakan kriminal atau tindakan yang melanggar norma hukum, sosial, agama dan moral.
b. Merchant sedang atau pernah terlibat dalam kelompok atau organisasi terlarang.
c. Merchant sedang atau pernah melakukan pelanggaran terkait Syarat dan Ketentuan Layanan sebagaimana yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
d. Merchant sedang atau pernah melakukan transaksi mencurigakan termasuk namun tidak terbatas pada melakukan transaksi atas Promo yang ditujukan oleh Pasarwarga kepada Pelanggan dan melakukan transaksi fiktif. Dalam hal ditemukan transaksi mencurigakan, Pasarwarga berhak untuk membatalkan transaksi dan menuntut ganti rugi atas kerugian yang timbul karena transaksi tersebut.
e. Merchant menampilkan jenis kategori Produk yang dilarang sebagaimana diatur pada Pasal 15 (lima belas) Syarat dan Ketentuan Layanan ini
f.Merchant tidak memenuhi kewajiban termasuk namun tidak terbatas pada tidak memproses pemesanan dan tidak mengirimkan Produk sebagaimana yang diatur dalam Pasal 5 (lima) Syarat dan Ketentuan Layanan ini.

3. BIAYA LAYANAN

3.1 Untuk penyediaan Layanan, Merchant melakukan pembayaran kepada Pasarwarga atas setiap transaksi pembelian Produk yang dilakukan oleh Pelanggan didalam Layanan (“Biaya Layanan”). Besaran Biaya Layanan ditetapkan berikut:

(i)sebesar 2% (dua persen) untuk setiap transaksi pembelian dengan metode tunai (cash); dan
(ii)sebesar 0% (nol persen) untuk setiap transaksi pembelian dengan metode selain tunai (cash).

Penghitungan Biaya Layanan akan dilakukan berdasarkan bukti transaksi (e.g. kwitansi/bon/receipt) baik dalam bentuk fisik maupun elektronik yang disimpan oleh Para Pihak dan akan menjadi bahan rekonsiliasi data atas Transaksi yang terjadi dalam Layanan.

3.2 Tata cara dan proses pemotongan Biaya Layanan dilakukan sebagaimana yang diatur dalam Pasal 4.5 Syarat dan Ketentuan Layanan ini.

 
3.3 Untuk menghindari keraguan, Para Pihak sepakat bahwa pembayaran Biaya Layanan oleh Merchant kepada Pasarwarga bebas dari bunga, biaya atau potongan dalam bentuk apapun. Setiap Pihak akan menanggung biaya yang dibebankan kepadanya.
 
3.4 Pasarwarga sewaktu-waktu dapat melakukan penyesuaian terhadap besaran Biaya Layanan dengan memberikan pemberitahuan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kepada Merchant.

4. TRANSAKSI ATAS PRODUK DAN PEMBAYARAN


4.1 Pelanggan dapat memilih metode Transaksi tertentu yang terdapat dalam Layanan sesuai yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
 
4.2 Metode Transaksi sebagaimana yang diatur dalam Pasal 4.1 dapat diubah, ditambah dan disesuaikan dari waktu ke waktu sesuai dengan kebijakan dan kebutuhan dari Pasarwarga.
 
4.3 Merchant akan mendapatkan pemberitahuan dari Pasarwarga terkait hal termasuk namun tidak terbatas pada Permohonan, Persetujuan dan Pembayaran atas Transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan.
 
4.4 Dalam hal Permohonan telah mendapat Persetujuan dari Afiliasi jasa pembiayaan Pasarwarga atau Pembayaran atas Transaksi telah dilakukan oleh Pelanggan, Merchant wajib melakukan Pengiriman Produk sebagaimana yang diatur dalam Pasal 5 Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
 
4.5 Pasarwarga akan melakukan Pembayaran kepada Merchant selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) Hari Kerja setelah setelah Pelanggan melakukan Konfirmasi Transaksi atau Produk telah diterima oleh Pelanggan sebagaimana diatur dalam Pasal 5.4 Syarat dan Ketentuan Layanan ini. Pembayaran sebagaimana dimaksud dilakukan setelah dikurangi Biaya Layanan sesuai dengan nilai Biaya Layanan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
 
4.6 Pembayaran dilakukan oleh Pasarwarga ke rekening bank milik Merchant sesuai yang tercantum dalam Formulir Pendaftaran.

5. KETENTUAN ATAS PENGIRIMAN DAN PENGEMBALIAN PRODUK


5.1 Merchant wajib melakukan Pengiriman Produk setelah mendapat informasi dari Pasarwarga terkait Persetujuan oleh A filiasi jasa pembiayaan Pasarwarga atau Pembayaran telah dilakukan oleh Pelanggan kepada Merchant. Pengiriman Produk yang sebagaimana dimaksud dilakukan oleh Merchant paling lambat: (i) 14 (empat belas) Hari Kalender untuk Produk kategori furniture atau (ii) 3 (tiga) Hari Kerja untuk Produk selain kategori furniture.
 
5.2 Pengiriman Produk oleh Merchant wajib dilakukan melalui Afiliasi jasa pengiriman yang telah ditunjuk oleh Pasarwarga yang terdapat dalam Layanan.
 
5.3 Merchant wajib memastikan bahwa Produk yang dikirim sudah sesuai, berada dalam kondisi baik dan dikemas secara aman.
 
5.4 Pengiriman Produk yang dilakukan Merchant kepada Pelanggan dianggap telah sesuai jika:
a. Konfirmasi Transaksi telah dilakukan oleh Pelanggan, atau
b. Pelanggan tidak melakukan keluhan dalam waktu paling lambat 2 (dua) Hari Kalender setelah Produk diterima oleh Pelanggan berdasarkan laporan dari Afiliasi jasa pengiriman dari Pasarwarga
5.5 Apabila dianggap perlu, Pasarwarga berhak untuk membatalkan dan mengalihkan Transaksi serta menutup Layanan jika Merchant melakukan hal-hal sebagai    berikut:
a. Dalam hal Merchant tidak melakukan Pengiriman Produk sebagaimana diiatur dalam Pasal 5.1 Syarat dan Ketentuan Layanan ini, Pasarwarga berhak untuk membatalkan dan/atau mengalihkan Transaksi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
b. Dalam hal Merchant melakukan hal seperti yang diatur pada poin a diatas sampai dengan 3 (tiga) kali berturut-turut, Pasarwarga berhak untuk menutup Layanan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
c. Penutupan Layanan pada poin b dilakukan sampai dengan Merchant mengakui dan menyanggupi tidak akan mengulangi hal tersebut diatas.
 
5.6 Pasarwarga sewaktu-waktu dapat melakukan validasi tehadap Pengiriman Produk yang dilakukan oleh Merchant. Apabila ditemukan bahwa Pengiriman Produk yang dilakukan Merchant tidak sesuai dengan yang diatur dalam Pasal 5.2, maka Merchant wajib bertanggung jawab secara penuh terkait segala resiko dan Ongkos Kirim atas Produk tersebut.
 
5.7 Pelanggan dapat melakukan pengembalian Produk kepada Merchant (“Retur”) jika Produk yang dikirim oleh Merchant:
a. Tidak sesuai dengan deskripsi Produk yang dipesan melalui Layanan termasuk namun tidak terbatas pada jenis, warna dan ukuran.
b. Terdapat cacat bawaan pada Produk yang dikirim baik pada perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
5.8 Proses Retur sebagaimana diatur dalam Pasal 5.7 dilakukan oleh Pelanggan maksimal 2 (dua) Hari Kalender setelah Produk diterima oleh Pelanggan. Apabila dalam waktu yang ditentukan dalam ayat ini Pelanggan tidak melakukan Retur, maka Produk dianggap telah sesuai sebagaimana diatur dalam Pasal 5.4 dan proses Retur tidak dapat dilakukan.

6. PAJAK

6.1 Para Pihak memahami dan sepakat bahwa Pasarwarga dan Merchant akan bertanggung jawab untuk pembayaran pajak masing-masing dan untuk memenuhi persyaratan administrasi perpajakan sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
 
6.2 Jika dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku mengenai perpajakan, Para Pihak yang melakukan pembayaran atas pemakaian layanan akan memotong dan memungut pajak penghasilan dari pembayaran yang dilakukan atas tagihan Para Pihak yang menyediakan layanan. Para Pihak akan menerapkan tarif pemotongan pajak penghasilan sesuai dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

7. KERAHASIAAN DAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL


7.1 Para Pihak tidak akan meyingkapkan atau memberikan kepada pihak ketiga mana pun suatu informasi rahasia dari pihak lainnya dengan syarat sehubungan dengan penggunaan layanan, mau pun menggunakan informasi tersebut untuk tujuan apa pun selain yang ditetapkan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini, kecuali atas perintah pengadilan atau oleh otoritas yang berwenang.
 
7.2 Informasi Rahasia tidak termasuk untuk informasi yang:
a. telah dikuasai oleh Pihak yang menerima informasi sebelum pengungkapan oleh Pihak lainnya.
b. telah dikembangkan sendiri oleh Pihak yang menerima informasi.
c. diterima oleh salah satu Pihak dari Pihak ketiga tanpa adanya kewajiban untuk merahasiakan.
d. menjadi tersedia bagi masyarakat umum tanpa adanya pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
 
7.3 Terlepas dari ketentuan sebegaimana diatur dalam Pasal 9.1 dan Pasal 9.2, Pasarwarga dapat berbagi Informasi Rahasia sehubungan dengan Merchant kepada Afiliasi Pasarwarga dalam rangka pelaksanaan dan peningkatan tata kelola Layanan.
 
7.4 Nama, logo, merek atau segala jenis hak atas kekayaan intelektual lainnya yang dimiliki oleh masing-masing Pihak tetap menjadi hak milik masing-masing Pihak.
 
7.5 Merchant dilarang menggunakan nama, logo, merek atau segala jenis hak atas kekayaan intelektual lainnya yang dimiliki oleh Pasarwarga tanpa persetujuan
tertulus terlebih dahulu dari Pasarwarga.
7.6 Dalam hal suatu klaim atau gugatan hukum lainnya diajukan terhadap Pasarwarga sehubungan dengan penggunan Hak Kekayaan Intelektual milik pihak ketiga sebagai akibat dari kelalaian Merchant atau kesengajaan dalam mematuhi ketentuan sebagaimana disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini, maka Merchant dengan ini membebaskan Pasarwarga dari klaim atau gugatan hukum apa pun, baik di pengadilan mau pun forum lainnya, dan Merchant akan berturut-turut menyelesaikan klaim atau gugatan hukum tersebut termasuk memberikan ganti rugi kepada Pasarwarga, seperti biaya pengadilan dan lawyer fee.

8. KEAMANAN DAN PERLINDUNGAN DATA


8.1 Keamanan data dan/atau informasi personal dan sensitif Merchant (“Data Merchant”) merupakan hal yang penting bagi Pasarwarga. Pasarwarga memberlakukan standar keamanan yang wajar untuk melindungi Data Merchant. Meskipun demikian, tidak ada sistem yang tidak dapat ditembus dan hal ini dapat berakibat pada meningkatnya resiko atas Data Merchant. Oleh karenanya, sejauh dimungkinkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Merchant setuju untuk melepaskan Pasarwarga dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem, termasuk akses tanpa otorisasi oleh pihak ketiga. Merchant wajib untuk memberitahu Pasarwarga sesegera mungkin jika Merchant mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga Pasarwarga dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.
8.2 Merchant menjamin bahwa Merchant tidak akan melakukan hal-hal sebagai berikut:
a. melakukan upaya pemecahan kode (reverse engineering) terhadap sistem Pasarwarga.
b. melakukan hal-hal yang mengakibatkan kerusakan terhadap sistem Pasarwarga dengan sengaja.
c. melakukan hal-hal yang bertujuan untuk mencuri data Pasarwarga dan/atau Pelanggan.

9. ANTI SUAP DAN ANTI KORUPSI


9.1 Para Pihak menyatakan bahwa masing-masing Pihak telah mengetahui seluruh peraturan perundang-undangan anti-suap dan korupsi ("Peraturan mengenai Anti Suap dan Anti Korupsi") dalam setiap transaksi bisnis dan kegiatan yang dilakukan sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan Layanan ini, dan tidak akan melakukan tindakan apapun yang mungkin melanggar Peraturan mengenai Anti Suap dan Anti Korupsi. Oleh karena itu, Para Pihak dengan ini setuju bahwa:
a. Tidak akan memperkerjakan/mempertahankan orang yang merupakan pejabat pemerintah atau karyawan, termasuk karyawan dari korporasi, agen, atau badan yang dimiliki atau dikendalikan oleh pemerintah, kecuali jika jasa yang dipertahankan adalah pekerjaan konsultasi yang tulen dan jika diperlukan pejabat yang dipertahankan telah memperoleh persetujuan oleh otoritas/pemberi kerja yang kompeten untuk layanan konsultasi yang dimaksud.
b. Para Pihak tidak akan secara langsung maupun tidak langsung membayar, menawarkan atau berjanji untuk membayar atau mengalihkan apapun dengan nilai berapapun kepada pejabat atau karyawan pemerintah, atau kepada partai politik atau kandidat untuk jabatan politik, dengan tujuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan yang menguntungkan bisnis Pihak lainnya yang bertentangan dengan Peraturan mengenai Anti Suap dan Anti Korupsi.
c. Para Pihak akan segera memberitahukan Pihak lainnya secara tertulis dalam hal orang yang diperkerjakan atau terasosiasi dengan salah satu Pihak menjadi pejabat pemerintah, pejabat atau kandidat partai politik, kecuali jasa yang dipertahankan adalah pekerjaan konsultasi yang tulen dan jika diperlukan pejabat yang dipertahankan telah memperoleh persetujuan seperlunya dari otoritas/pemberi kerja yang kompeten untuk layanan konsultasi yang dimaksud.
d. Para Pihak akan memelihara catatan yang benar dan akurat sesuai kebutuhan untuk mendemonstrasikan kepatuhan terhadap Syarat dan Ketentuan Layanan dan akan menyediakan Pihak lainnya sertifikasi tertulis atas kepatuhan tersebut berdasarkan permintaan yang sederhana.
9.2 Jika salah satu Pihak gagal untuk mematuhi ketentuan apapun dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini (terlepas dari ukuran, sifat atau materialitas dari pelanggaran tersebut), kegagalan tersebut harus dianggap sebagai pelanggaran yang material terhadap Syarat dan Ketentuan Layanan ini, dan atas kegagalan tersebut, Pihak yang mematuhi ketentuan mempunyai hak untuk memutuskan Syarat dan Ketentuan Layanan ini secepatnya dengan pemberitahuan tertulis kepadaPihak lainnya, tanpa penalty atau kewajiban apapun juga.
 
9.3 Para Pihak harus memenuhi, dan harus memastikan bahwa masing-masing dari pemimpin, pemilik, pemegang saham, pejabat, direksi, karyawan dan agen mematuhi, semua peraturan perundang-undangan anti-suap dan korupsi yang berlaku dalam setiap transaksi bisnis dan kegiatan yang dilakukan sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan Layanan ini.

10. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA


10.1 Syarat dan Ketentuan Layanan ini dan semua hubungan non-kontraktual yang lahir karenanya diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia.
Apabila timbul perselisihan sehubungan dengan penafsiran dan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Layanan ini, Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan yang dimaksud secara musyawarah untuk mufakat antara Para Pihak dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak salah satu Pihak menyampaikan pemberitahuan mengenai adanya sengketa. Para Pihak akan menuangkan hasil kesepakatan antara Para Pihak sehubungan dengan perselisihan tersebut dalam sebuah berita acara penyelesaian sengketa yang ditandatangani oleh kedua belah Pihak.
 
10.2 Para Pihak dengan ini sepakat untuk mengkesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sepanjang putusan pengadilan tidak diperlukan untuk pengakhiran Syarat dan Ketentuan Layanan.
 
10.3 Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam jangka waktu sebagaimana disebutkan di atas, Para Pihak dengan ini sepakat untuk menyelesaikan perselisihan yang dimaksud melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

11. PERNYATAAN DAN JAMINAN


Masing-masing Pihak menyatakan dan menjamin kepada Pihak lain bahwa:

11.1 (i) ia adalah badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia atau (ii) ia adalah perorangan yang secara sah dapat menjalankan Syarat dan Ketentuan Layanan ini berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
11.2 Bahwa Para Pihak memiliki kewenangan yang sah secara hukum untuk menjalankan Syarat dan Ketentuan Layanan ini dan seluruh kewajibannya serta mempunyai segala izin maupun persetujuan dalam menjalankan kegiatan usahanya.
11.3 Bahwa Para Pihak tidak sedang terlibat suatu perkara, yang dapat menghambat, menghalangi atau membuat Syarat dan Ketentuan Layanan ini menjadi tidak sah atau tidak berlaku atau menyebabkan Para Pihak tidak dapat melaksanakan kewajibannya sebagaimana ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
 
11.4 Para Pihak dalam menjalankan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Layanan ini akan tunduk pada ketentuan hukum dan perundang-undangan negara Republik Indonesia.

12. FORCE MAJEURE


12.1 Dalam hal terjadi force majeure, maka pihak yang mengalami force majeure wajib memberitahukan secara tertulis kepada pihak lainnya mengenai terjadinya force majeur tersebut selambat-lambatnya 7 (tujuh) Hari Kerja terhitung sejak tanggal terjadinya force majeure. Segera setelah diterimanya pemberitahuan tertulis tertang adanya force majeure tersebut, Para Pihak akan mengadakan musyawarah untuk menentukan akibat dari force majeure tersebut serta cara penyelesaiannya.
12.2 Kelalaian atau keterlambatan dalam memenuhi kewajiban sebagaimana dimaksud pada Pasal 14.1 di atas oleh pihak yang mengalami force majeure mengakibatkan tidak diakuinya keadaan yang menimpa pihak tersebut sebagai force majeure.

13. WANPRESTASI


13.1 Para Pihak dapat dinyatakan gagal melaksanakan kewajibannya (wanprestasi) dan/atau lalai berdasarkan Syarat dan Ketentuan Layanan ini, dalam hal melanggar salah satu atau lebih syarat-syarat dan/atau ketentuan atau jika tidak melaksanakan ketentuan-ketentuan atau kewajiban sesuai yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini.
 
13.2 Jika masing-masing Pihak wanprestasi dan/atau dinyatakan lalai dalam menjalankan kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Layanan ini, maka Pihak tersebut wajib memberikan pemulihan kepada Pihak lain yang menerima kerugian, baik materiil atau imateriil, atas kelalaian yang dilakukannya, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) klarifikasi dan pengakuan tanggung jawab atas kelalaian masing-masing Pihak dan (ii) menyatakan pihak lain tidak bertanggung jawab atas kelalaian yang dilakukan salah satu Pihak.
 
13.3 Pemulihan sebagaimana diatur dalam ayat (2) diatas tidak menghapuskan hak Pihak lain untuk mencari pemulihan lain sesuai dengan hukum yang berlaku.

14. KETENTUAN ATAS PRODUK


  1. 14.1 Produk yang diperjualbelikan merupakan Produk milik Merchant yang ditampilkan didalam Layanan.


  2. 14.2 Pasarwarga akan melakukan verifikasi atau validasi terhadap produk yang dijual Merchant sebelum produk tersebut dapat dibeli oleh Pelanggan melalui Layanan.


  3. 14.3 Merchant berkewajiban untuk mengikuti standar penempatan gambar Produk yang telah ditetapkan oleh Pasarwarga, yaitu:

  1. a. Judul harus menjelaskan Produk yang dijual dan memastikan judul mudah dimengerti oleh orang yang membacanya dan semua informasi atas Produktersebut tidak melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual milik pihak manapun.

  2. b. Produk harus ditempatkan di kategori atau sub kategori sesuai dengan Produk yang dijual.

  3. c. Merchant tidak diperbolehkan untuk membuat tautan atau link berisi situs tertentu dari gambar Produk yang ditempatkan didalam Layanan. Bila Merchant tetap memasukkan tautan berisi situs lain tersebut ke dalam gambar Produk maka Pasarwarga berhak untuk menolak dan/atau menurunkan penayangan atas gambar Produk tersebut.

  4. d. Merchant wajib memajang Produk sesuai dengan standar-standar dan/atau cara-cara sebagaimana ditetapkan dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 mengenai Perlindungan Konsumen termasuk Perubahannya dan Peraturan Pelaksananya atau hukum lainnya yang berlaku.

  5. e. Produk yang ditayangkan harus sesuai dengan Produk yang dijual. Merchant dilarang untuk memakai gambar dari pihak manapun lain tanpa persetujua. Pasarwarga melarang penempatan gambar yang menampilkan model/bentuk visual yang melanggar norma-norma kesopanan serta melanggar ketentuan atau peraturan perundang-undangan Negara Republik Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada Produk yang melanggar ketentuan-ketentuan Undang-Undang No. 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.

  6. f. Merchant dilarang memajang Produk yang bertentangan dengan hak-hak kekayaan intelektual, privasi, reputasi atau kepentingan Pasarwarga, merchant-merchant lain yang berpartisipasi di Pasarwarga, Pelanggan dan pihak ketiga lainnya.

  7. g. Pasarwarga memiliki hak untuk melakukan pembatasan terhadap Produk tertentu yang akan ditayangkan termasuk namun tidak terbatas untuk menolak atau menurunkan penyangan gambar atas Produk tersebut.

  8. h. Bila penayangan Produk milik Merchant ditolak karena melanggar aturan-aturan diatas, maka Pasarwarga akan memberikan kesempatan kepada Merchant untuk melakukan perubahan dan perbaikan atas Produk tersebut.

  9. i. Atas pelanggaran terhadap ketentuan diatas yang dilakukan oleh Merchant, Pasarwarga berhak untuk memasukkan Merchant tersebut kedalam daftar blacklist.


  10. 14.4 Dalam hal timbul persengketaan antara Merchant dan Pelanggan terkait Produk milik Merchant, Merchant dengan ini membebaskan serta tidak menyalahkan Pasarwarga dari segala bentuk klaim dan/atau gugatan secara hukum.


15. BARANG YANG DILARANG DIPERJUAL-BELIKAN DIDALAM LAYANAN


Segala Jenis Produk yang diluar kategori telah di tentukan oleh Pasarwarga, khususnya:

  1. 1. Segala jenis Narkotika kosmetik, obat-obatan, makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan dan keselamatan penggunanya, serta tanpa izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

  2. 2. Barang dewasa yang berkaitan dengan kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, pornografi dan obat-obatan dewasa, alat kontrasepsi.

  3. 3. Senjata api, senjata tajam, termasuk ar soft gun dan segala macam senjata.

  4. 4. Seragam pemerintahan, kepolisian, dan barang-barang aparatur kenegaraan.

  5. 5. Bagian/Organ Manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya.

  6. 6. Perlengkapan dan peralatan Judi.

  7. 7. Barang-barang yang bertentangan dengan hak-hak kekayaan intelektual orang lain, termasuk namun tidak terbatas pada:

  1. a) Barang palsu

  2. b) Barang tiruan

  3. c) Setiap barang yang tidak dapat dibuktikan sebagai barang asli.

  1. 8. Barang-barang yang memiliki unsur dapat membahayakan penggunanya, termasuk namun tidak terbatas pada:

a) Bahan peledak
b) Bahan beracun dan merusakan
c) Stun Guns dan Pepper Spray
d) Senjata Tradisional

16. LAIN-LAIN

  1. 16.1 Setiap hak dan kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan Layanan ini tidak dapat dialihkan atau dipindahkan oleh salah satu Pihak kepada pihak lain diluar Syarat dan Ketentuan Layanan ini, termasuk namun tidak terbatas pada afiliasi atau anak perusahaan salah satu Pihak tersebut, baik sebagian maupun seluruhnya tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Pihak yang lainnya yang harus diterima selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum pengalihan dilakukan.

  2. 16.2 Syarat dan Ketentuan Layanan ini mungkin diubah, ditambah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu sesuai kebutuhan Layanan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Merchant wajib membaca secara seksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan Layanan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Layanan Pasarwarga, maka Merchant dianggap menyetujui perubahan- perubahan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini. Dalam hal Merchant tidak sepakat terhadap perubahan yang dilakukan oleh Pasarwarga, Merchant dapat mengakhiri keanggotaan dalam Layanan dengan memberikan pemberitahuan kepada Pasarwarga sekurang-kurangnya dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender. Pengakhiran keanggotaan sebagaimana dimaksud dalam pasal ini tetap tidak melepaskan Merchant dari kewajiban dan tanggung jawab yang belum selesai kepada pihak manapun selama pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Layanan ini.

  3. 16.3 Merchant dengan ini mengikatkan diri kepada Pasarwarga untuk memenuhi seluruh ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan ini dan seluruh perubahannya.