SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN LAYANAN PASARWARGA

No: 004/LGL-PW/I/2018

 

Merchant wajib membaca Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan Pasarwarga ini (selanjutnya disebut Syarat dan Ketentuan) sebelum menggunakan layanan Pasarwarga. Merchant akan terikat secara hukum dengan Syarat dan Ketentuan ini saat penggunaan pertama kali layanan Pasarwarga. Merchant disarankan untuk mencetak dan menyimpan salinan dari Syarat dan Ketentuan ini.

 

Merchant menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan ini mencakup dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan Formulir Pendaftaran Toko yang telah ditandatangani oleh Merchant. Merchant juga menyetujui bahwa Pasarwarga dapat menolak permintaan penggunaan layanan Pasarwarga yang diajukan oleh Merchant.
1.  DEFINISI

a.  Pasarwarga: adalah portal e-commerce yang dimiliki dan dioperasikan oleh PT Siwarga Indo Media yang dalam hal ini bertindak sebagai pemberi layanan kepada Merchant. 

b. Merchant: adalah perusahaan atau perorangan yang telah diverifikasi data usaha toko (SIUP, NPWP, Data diri pemilik)dan telah resmi terdaftar didalam toko online Pasarwarga, yang melakukan penjualan barang secara online melalui Pasarwarga.

c. Member: adalah pengunjung yang telah terdaftar dan bergabung dalam Pasarwarga yang selanjutnya dapat melakukan transaksi di dalam Pasarwarga.

d. Produk: adalah barang dan/atau jasa yang ditawarkan dan dijual oleh Merchant didalam Pasarwarga. 

e. Kategori: adalah pengelompokkan Produk yang masing-masing Produk dikelompokkan sesuai dengan ciri khasnya dan berdasarkan jenis dan manfaat barang dan/atau jasa. 

f. Harga Produk: adalah nilai yang dicantumkan Merchant terhadap barang dan/atau jasa yang dijual di Pasarwarga. 

g. Transaksi: adalah proses persetujuan jual beli antara Merchant dan Member atas barang dan/atau jasa yang terdapat dalam Pasarwarga.

h. Nilai Transaksi: adalah harga produk ditambah ongkos kirim yang harus dibayar oleh Member atau suatu Transaksi di dalam Pasarwarga.

i. Berat Barang: adalah berat riil produk yang dijual dan ditambah dengan perkiraan berat kemasan (packaging).

 J. Volume Barang: adalah volume riil Produk yang dijual dan ditambah dengan perkiraan berat kemasan (packaging).

k. Pengiriman Barang: adalah proses pengiriman Produk dari Merchant ke Member setelah proses persetujuan jual beli antara Merchant dan Member disepakati, dimana Merchant telah menerima informasi dari Pasarwarga bahwa Member telah melakukan pembayaran.

l. Ongkos Kirim: adalah biaya pengiriman barang yang nilainya ditentukan berdasarkan perusahaan jasa pengiriman barang yang telah ditentukan oleh Pasarwarga.

m. Alat pembayaran Online: adalah cara atau mekanisme Pembayaran yang dapat dilakukan di Pasarwarga, baik melalui transfer bank ataupun pengajuan pembayaran secara kredit melalui pihak ketiga yang terdaftar secara resmi di Pasarwarga. Ketentuan mekanisme Pembayaran ini dapat bertambah atau berkurang seswaktu-waktu tanpa harus melakukan pemberitahuan maupun persetujuan terlebih dahulu kepada Merchant maupun Member.

n. Pihak Jasa Pembayaran: adalah pihak ketiga sebagai penyedia layanan jasa pembayaran secara kredit atau dengan mekanisme lainnya yang dapat sewaktu-waktu ditambahkan oleh Pasarwarga pada website Pasarwarga, yang telah terdaftar dan bekerja sama secara resmi secagai alat pembayaran kredit atau mekanisme lainnya di Pasarwarga.

o. Komisi atau Transaksi Fee: adalah komisi yang diperoleh Pasarwarga untuk setiap Transaksi yang terjadi di Pasarwarga berdasarkan presentase yang ditentukan Pasarwarga berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.

p. Gangguan: adalah setiap kerusakan yang terjadi yang menyebabkan tidak berfungsinya sebagian atau keseluruhan perangkat dan infrastruktur sistem yang digunakan untuk pelaksanaan pengggunaan layanan Pasarwarga oleh Merchant.

q. Hari Kerja: adalah hari Senin sampai Jumat kecuali hari libur nasional yang ditetapkan oleh pemerintah

r. Pelaksanaan Jasa: adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh Merchant terhadap Member, sebagai bentuk pemenuhan prestasi atas Pembayaran maupun hasil pengajuan kredit kepada Pihak Jasa Pembayaran yang telah dilakukan oleh Member kepada Pasarwarga ataas dibelinya suatu Produk di Pasarwarga.
 s. Pembayaran: Pembayaran yang dilakukan oleh Member atas Transaksi di Pasarwarga, dalam hal ini Merchant wajib melakukan Pengiriman Barang atau Pelaksanaan Jasa setelah pembayaran atas Transaksi di Pasarwarga telah di setujui oleh Pihak Jasa Pembayaran, sebagai bentuk pemenuhan hak dari Member. Kewajiban Pembayaran yang harus dilakukan oleh Pasarwarga kepada Merchant untuk penyelesaian Transaksi, dimana setelah barang diterima oleh Member maka Pasarwarga harus melakukan Pembayaran kepada Merchant setelah Pihak Jasa Pembayaran mengirimkan Funding (uang hasil transaksi pembelian barang di toko yag terdaftar di pasarwarga) kepada Pasarwarga, Merchant wajib melakukan Pengiriman Barang atau Pelaksanaan Jasa, sebagai bentuk pemenuhan hak dan Merchant.
t. Customer Service: adalah layanan yang disediakan oleh      Pasarwarga yang bertugas untuk memberikan pelayanan      informasi menanggapi keluhan dan memberikan solusi        awal kepada Member dan Merchant.

 

2.  PROSES PEMBUKAAN TOKO

 

1) Merchant yang berkeinginan untuk membuka atau mengoperasikan toko serta melakukan penjualan di Pasarwarga dapat mendaftarkan tokonya melalui menu “Buka Kios” pada situs Pasarwarga.

 

2) Merchant yang telah diverifikasi tokonya melalui menu “Buka Kios” dapat menggunakan dashboard penjualan yang disediakan Pasarwarga.

 

3) Aktivasi layanan Pasarwarga, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan fitur pembayaran dan pengiriman barang hanya dapat dilakukan setelah Formulir Pendaftaran Toko ditandatangani oleh Merchant, serta syarat dan kelengkapan dokumen sebagaimana ditetapkan oleh Pasarwarga telah dipenuhi.

 

4) Merchant yang berkeinginan membuka lebih dari 1 (satu) akun atau toko, maka akun toko pertama yang telah didaftarkan harus terlebih dahulu mengunggah minimal 10 (sepuluh) produk. Begitu pula dengan akun toko yang akan didaftarkan selanjutnya, minimal produk yang sudah diunggah di akun atau toko yang sudah ada adalah minimal 10 (sepuluh) produk, dan seterusnya.

 

5) Pasarwarga tidak akan bertanggungjawab atas penggunaan yang tidak diotorisasi, penyalah-gunaan atau masalah-masalah lain yang timbul sehubungan dengan penggunaan layanan Pasarwarga oleh Merchant.

 

3.  HAK DAN KEWAJIBAN MERCHANT

 

Hak dan Kewajiban Merchant, selain hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang telah dinyatakan dalam pasal-pasal lain Syarat dan Ketentuan ini adalah:

 

Hak Merchant:

1) Merchant berhak untuk men-display produk di Pasarwarga.
2) Merchant berhak untuk mendapatkan layanan Pasarwarga selama jam operasional kerja Pasarwarga.
3) Merchant berhak mendapatkan update berita / kabar terbaru yang berkaitan dengan Pasarwarga,
4) Merchant berhak untuk menyampaikan keluhan berkaitan dengan sistem melalui email ke official@pasarwarga.com.
5) Merchant berhak untuk melakukan promosi terhadap Pasarwarga termasuk namun tidak terbatas pada media yang ditunjuk Merchant.
6) Merchant berhak untuk menonaktifkan atau mengakhiri layanan di Pasarwarga apabila penjualan Merchant di Pasarwarga dianggap tidak          sesuai dengan yang ditargetkan Merchant.

 

Kewajiban Merchant:

1) Merchant wajib untuk mengupload produk untuk dijual di Pasarwarga.
2) Merchant wajib memperbaharui stok barang yang dijual.
3) Merchant wajib memberikan bukti pengiriman berupa nomor resi pada setiap transaksi yang ada.
4) Merchant berkewajiban untuk bertanggungjawab sepenuhnya atas produk yang ditawarkan / dijual dengan menyediakan informasi yang benar terhadap produk yang dijual, termasuk namun tidak terbatas pada memberi penjelasan secara terperinci mengenai kebijakan retur pada Toko Merchant dan memproses retur yang diajukan oleh pembeli terkait produk, serta wajib memastikan ketersediaan stok produk yang diunggah di toko.
5) Merchant berkewajiban mengikuti metode Pembayaran / Transaksi yang telah ditetapkan oleh Pasarwarga.
6) Merchant wajib memproses pemesanan sekaligus mengirimkan produk maksimal 2 (dua) hari kerja melalui jasa pengiriman yang telah ditunjuk oleh Pasarwarga, setelah pihak jasa pembayaran melakukan konfirmasi analisa Kredit ke Pasarwarga dan mengkonfirmasi kesesuaian barang yang di pesan atau setelah transaksi pembayaran telah dilakukan oleh pembeli. Apabila dalam 2 (dua) hari kerja Merchant tidak memberikan respon maka Pasarwarga berhak untuk membatalkan atau mengalihkan transaksi tersebut.

 

4.  HAK DAN KEWAJIBAN PASARWARGA

 

Hak dan Kewajiban Pasarwarga, selain hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang telah dinyatakan dalam pasal-pasal lain Syarat dan Ketentuan ini adalah:

 

Hak Pasarwarga:

1) Pasarwarga berhak mendapatkan komisi atas penjualan produk Merchant.
2) Pasarwarga berhak untuk membatasi jenis produk / kategori produk yang dapat diperjualbelikan melalui layanan Pasarwarga, dimana ketentuan pembatasan ini dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan keputusan sepihak dari Pasarwarga.
3) Pasarwarga berhak untuk menonaktifkan Merchant yang terdaftar di Pasarwarga apabila diketahui terdapat penyalahgunaan layanan Pasarwarga oleh Merchant.
4) Pasarwarga berhak mengambil keputusan atas hasil monitoring terhadap produk yang dianggap kurang atau tidak layak tayang.

 

Kewajiban Pasarwarga:

1) Pasarwarga wajib melakukan pembayaran kepada Merchant atas penjualan produk yang menggunakan layanan Pasarwarga setelah adanya l aporan dari perusahaan jasa pengiriman bahwa produk sudah diterima oleh pembeli dan tidak ada keluhan / komplain dari pembeli serta pembeli telah melakukan konfirmasi pembelian barang di website Pasarwarga.
2) Pasarwarga wajib menyediakan pelayanan yang baik, dengan menyediakan Customer Service yang berfungsi selama hari kerja dan secara online melalui official@pasarwarga.co.id.
3) Pasarwarga wajib menjaga system service / layanan Pasarwarga sehingga Merchant dapat melakukan proses transaksi di Pasarwarga dengan lancar.

 

 

5.  KETENTUAN ATAS PRODUK YANG DIPERJUALBELIKAN

1) Produk yang diperjualbelikan di Pasarwarga merupakan barang dan/atau jasa milik Merchant yang ditampilkan menggunakan website Pasarwarga.
2) Pasarwarga akan melakukan verifikasi atau pengecekan terhadap produk yang dijual Merchant sebelum produk tersebut dapat dibeli oleh Member melalui Pasarwarga.
 3) Merchant berkewajiban untuk mengikuti aturan penempatan gambar Produk yang telah ditetapkan oleh Pasarwarga, yaitu:
a) Judul harus menjelaskan Produk yang dijual dan memastikan judul mudah dimengerti oleh orang yang bacanya dan semua materi yang dipublikasikan tidak melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual milik pihak ketiga.
b) Produk harus ditempatkan di kategori atau sub kategori sesuai dengan Produk yang dijual.
c) Merchant tidak diperbolehkan untuk membuat link berisi situs lain dari gambar Produk yang ditempatkan di Pasarwarga. Bila Merchant tetap memasukkan link berisi situs lain tersebut ke dalam   gambar Produk maka Pasarwarga berhak untuk menolak penayangan gambar Produk tersebut.
d) Merchant wajib memajang Produk sesuai dengan standar-standar dan/atau cara-cara sebagaimana ditetapkan dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 mengenai Perlindungan Konsumen termasuk Perubahannya dan Peraturan Pelaksananya atau hukum lainnya yang berlaku.
e) Produk yang ditayangkan harus relevan dengan Produk yang dijual. Dilarang keras untuk memakai gambar dari Merchant lain tanpa persetujuan Merchant tersebut. Pasarwarga melarang penempatan gambar yang menampilkan model/bentuk visual yang melanggar norma-norma kesopanan serta melanggar ketentuan atau peraturan perundang-undangan Negara Republik Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada Produk yang melanggar ketentuan-ketentuan Undang-Undang No. 44 Tahun 2008 tentang pornografi.
f) Merchant dilarang memajang Produk yang bertentangan dengan hak-hak kekayaan intelektual, privasi,   reputasi atau kepentingan Pasarwarga, Merchant-Merchant lain yang berpartisipasi di Pasarwarga, para Pelanggan dan pihak-pihak ketiga lainnya.
g) Pasarwarga memiliki hak untuk melakukan pembatasan terhadap Produk tertentu yang akan ditayangkan termasuk namun tidak terbatas untuk menolak atau menurunkan penyangan gambar Produk tersebut.
h) Bila penayangan produk milik Merchant ditolak karena melanggar aturan-aturan diatas, memakai    Pasarwarga akan memberikan kesempatan kepada Merchant untuk melakukan perubahan dan perbaikan.
i) Atas pelanggaran terhadap point-point diatas yang dilakukan oleh Merchant, Pasarwarga berhak untuk memasukkan Merchant tersebut kedalam daftar blacklist.
4) Dalam hal timbul persengketaan antara Merchant dan Member terkait Produk yang dibeli Member dari Merchant, Merchant dengan ini membebaskan serta tidak menyalahkan Pasarwarga dari segala bentuk klaim dan/atau gugatan secara hukum.

 

6.  KETENTUAN ATAS TRANSAKSI YANG TERJADI DI PASARWARGA

1) Setelah menentukan produk yang akan dibeli dari Merchant, member memilih metode Pembayaran yang di fasilitasi oleh Pasarwarga.
2) Member melakukan Pembayaran sebesar Nilai Transaksi menggunakan alat pembayaran online yang disediakan oleh Pasarwarga.
3) Pembiayaan oleh Pihak Jasa Pembayaran akan diterima Pasarwarga dan akan dibayarkan ke Merchant berdasarkan informasi perusahaan jasa Pengiriman Barang bahwa Produk telah diterima dan tidak ada komplain dari Member. Nilai yang dibayarkan ke Merchant setelah dipotong Komisi sesuai aturan pada Syarat dan Ketentuan ini.
4) Pihak Jasa Pembayaran berhak untuk menerima atau menolak Transaksi di Pasarwarga dimana keputusan Pihak Jasa Pembayaran tersebut adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

5) Merchant maupun Member dapat melaporkan ke admin@pasarwarga.co.id jika merasa dirugikan atas transaksi yang terjadi yang melanggar syarat dan ketentuan Pasarwarga. Pasarwarga dapat memberikan sanksi kepada Merchant maupun Member yang terbuti melanggar. Sanksi kepada Merchant maupun member dapat berupa peringatan hingga pencabutan (banned) hak penggunaan Pasarwarga.
6) Merchant dilarang untuk melakukan transaksi atas promo yang diadakan Pasarwarga untuk Member. Pasarwarga berhak untuk membatalkan transaksi apabila ditemukan bahwa transaksi tersebut dilakukan oleh Merchant.
7) Merchant dilarang melakukan transaksi fiktif atas produk di Pasarwarga. Apabila Pasarwarga menemukan adanya transaksi fiktif yang dilakukan Merchant, maka Merchant wajib bertanggung jawab atas transaksi tersebut termasuk mengganti kerugian yang mungkin timbul dikarenakan transaksi tersebut.
8) Dalam hal Merchant tidak dapat memenuhi kewajibannya termasuk namun tidak terbatas pada tidak memproses pemesanan dan mengirimkan produk dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja, maka Pasarwarga akan memberikan peringatan kepada Merchant dan Pasarwarga berhak untuk membatalkan dan/atau mengalihkan transaksi tersebut kepada merchant lainnya. Apabila kewajiban sebagaimana dimaksud di atas dilanggar sebanyak 2 (dua) kali berturut, maka Pasarwarga berhak untuk melakukan inactive pada akun Merchant selama (14 hari kalender), dengan catatan Merchant dapat berkomitmen untuk pengaktifan kembali akun tersebut dan hal ini dikonfirmasi oleh tim dari Pasarwarga melalui surat pernyataan/notifikasi pernyataan di akun Merchant terkait.

 

  

7.  KETENTUAN ATAS PENGIRIMAN BARANG

1) Pengiriman produk dilakukan oleh Merchant ketika pengajuan kredit oleh pembeli telah disetujui oleh jasa pembayaran, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Pasarwarga atau ketika transaksi pembayaran telah dilakukan oleh pembeli.
2) Pengiriman produk wajib dilakukan melalui perusahaan jasa pengiriman barang yang telah disediakan oleh Pasarwarga.
3) Sebelum proses pengiriman barang dilakukan, Merchant wajib memastikan dengan perusahaan jasa pengiriman bahwa produk yang akan dikirim sudah sesuai, berada dalam kondisi baik dan dikemas secara aman.
4) Jika dalam 2 (dua) hari kalender sejak produk diterima pembeli dan pembeli tidak memberikan komplain, maka produk yang diterima dianggap sudah sesuai spesifikasi.
5) Pasarwarga berhak melakukan validasi terkait pengiriman barang yang dilakukan oleh Merchant. Apabila ditemukan Merchant yang mengirimkan barang selain dengan jasa pengiriman yang telah ditentukan oleh Pasarwarga atau disediakan pada sistem Pasarwarga atau selain Jasa Pengiriman yang telah dipilih pembeli pada saat melakukan pembelian, maka Merchant wajib bertanggung jawab terkait pengiriman produk tersebut sampai dengan diterima oleh pembeli dan Merchant dengan ini setuju bahwa total pembayaran yang akan dibayarkan Pasarwarga kepada Merchant atas transaksi tersebut tidak akan termasuk biaya pengiriman barang.
6) Merchant dengan ini setuju bahwa Pasarwarga hanya akan membayarkan kepada Merchant nilai transaksi yang sesuai dengan yang ada di sistem Pasarwarga. Apabila terdapat selisih nilai transaksi, termasuk namun tidak terbatas disebabkan oleh biaya jasa pengiriman yang dibayarkan Merchant tidak sesuai dengan yang terdapat disistem, maka selisih nilai transaksi tersebut akan ditanggung oleh Merchant dan Merchant tidak dapat meminta uang pengganti kepada Pasarwarga.
7) Pasarwarga berhak memberikan sanksi kepada Merchant yang melanggar Syarat dan Ketentuan ini.

 

 

8.  PEMASANGAN IKLAN
1) Merchant berhak untuk memasang iklan dalam Pasarwarga.
2) Penempatan iklan merupakan kewenangan penuh dari Pasarwarga.

a) Iklan yang akan dipasang dalam Pasarwarga merupakan iklan yang tidak melanggar ketentuan hukum dan perundangan yang berlaku di     Negara Republik Indonesia.
b) Merchant yang ingin memasang iklan pada Pasarwarga dapat menghubungi Customer Service atau Business Relation Pasarwarga.
c) Setiap keuntungan yang diperoleh dari pemasangan iklan dalam situs Pasarwarga tetap menjadi milik Pasarwarga.
 
3) Dalam hal Merchant melakukan pemasangan iklan pada Pasarwarga, maka Merchant berkewajiban untuk memberikan usulan materi/ konten dari sisi iklan yang akan ditampilkan di Pasarwarga.

 

 

9.  KOMISI PENJUALAN

 

           1)  Komisi penjualan akan dikenakan dengan presentase yang berbeda dalam tiap kategori merchant/produk. Perubahan pada setiap nilai presentase akan di publikasikan kepada Merchant. Perubahan nilai presentase dapat berubah sewaktu-sewaktu dengan pemberitahuan kepada Merchant.

 

           2) Komisi ini akan otomatis ditambahkan dari harga barang yang dimasukkan oleh Merchant dan dipotong pada saat Pasarwarga melakukan pembayaran transaksi ke Merchant.

 

           3) Pasarwarga sewaktu-waktu dapat mengubah ketentuan mengenai komisi terhadap transaksi dengan adanya pemberitahuan terlebih dahulu yang dilakukan selambatnya 1 (satu) bulan sebelumnya kepada Merchant baik secara tertulis maupun lisan, termasuk namun tidak terbatas pada pemberitahuan melalui email, notifikasi message di website dan/atau cara-cara yang dimungkinkan lainnya.

 

 

10.  PEMBAYARAN

 

1) Merchant berhak mendapatkan pembayaran dari Pasarwarga setelah adanya laporan dari perusahaan jasa pengiriman bahwa produk sudah diterima pembeli dan dalam jangka waktu 2 (dua) hari pembeli tidak mengirimkan komplain terkait produk yang diterima. Syarat pencairan paling cepat adalah 1 (satu) hari kerja dan paling lambat 5 (lima) hari kerja secara online setelah adanya laporan dan Merchant melakukan pengajuan settlement melalui website Pasarwarga.

2) Pasarwarga melakukan pembayaran ke Rekening Bank milik Merchant yang tertera di Formulir Pendaftaran Toko.

3) Pajak-pajak sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini akan dibayar oleh masing-masing pihak sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum perpajakan Republik Indonesia.

 

 

  1. 11.  JANGKA WAKTU

 

1) Penggunaan layanan Pasarwarga oleh Merchant berlaku selama 2 (dua) tahun sejak Formulir Pendaftaran Toko ditandatangani dan dapat di perbaharui oleh Merchant dengan mengkonfirmasi penggunaan dashboard untuk aktifitas jual beli serta mengirimkan data terbaru (jika ada).

2) Penggunaan layanan Pasarwarga ini dapat berakhir apabila di kemudian hari terdapat ketentuan perundang-undangan dan/atau kebijakan pemerintah yang tidak memungkinkan dilanjutkannya penggunaan layanan ini.

3) Pasarwarga dapat mengakhiri penggunaan layanan secara sepihak dengan memberikan pemberitahuan beserta alasan pengakhiran tersebut kepada Merchant, pada saat terjadinya salah satu dari hal-hal berikut:

a) Merchant melakukan pelanggaran terhadap ketentuan Syarat dan Ketentuan ini dan dalam waktu maksimum 7 (tujuh) hari kerja sejak di berikannya peringatan ke 3 (tiga) tetapi Merchant tidak dapat memperbaiki kesalahannya tersebut.
b) Merchant dilikuidasi atau dalam proses likuidasi.
c) Izin usaha Merchant dibatalkan atau di cabut oleh Pemerintah.
d) Merchant melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
e) Penerimaan suatu perintah, saran, petunjuk atau sanksi kepada Pasarwarga sehubungan dengan usaha dari suatu badan pemerintah, pihak berwenang atau badan resmi, berdasarkan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang relevan.
f) Dalam hal Pasarwarga menilai sulit untuk melanjutkan penggunaan layanan oleh Merchant karena sebab-sebab seperti sikap kasar yang serius atau sikap penuh kekerasan telah diperlihatkan, atau permintaan tidak dapat diakui sebagai layak sehubungan dengan praktek usaha normal yang dilakukan terhadap Pasarwarga, Member, dan pihak-pihak lainnya

 

4) Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan Pasal 1266 KUHP Perdata terhadap kontrak berlangganan ini, sehingga pemutusan dengan alasan tersebut di atas secara sah cukup dilakukan melalui pemberitahuan tertulis dari Para Pihak.

5) Dalam hal ini penggunaan layanan ini berakhir atau tidak diperpanjang lagi atau diakhiri baik karena permintaaan salah satu pihak ataupun karena alasan lain, maka segala hak dan kewajiban Para Pihak yang masih ada setelah berakhirnya penggunaan layanan harus tetap dilaksanakan sampai selesai oleh Para Pihak.

 

 

  1. 12.  HAK CIPTA DAN HAK-HAK LAINNYA

 

1) Pasarwarga memiliki hak cipta-hak cipta atas Situs termasuk seluruh isinya yang telah diciptakan atau diproduksi oleh Pasarwarga.

2) Dalam hal suatu klaim atau gugatan hukum lainnya diajukan terhadap Pasarwarga sehubungan dengan penggunan Hak Kekayaan Intelektual milik pihak ketiga sebagai akibat dari kelalaian Merchant atau kesengajaan dalam mematuhi ketentuan sebagaimana disebutkan dalam Pasal 6, maka Merchant dengan ini membebaskan Pasarwarga dari klaim atau gugatan hukum apa pun, baik di pengadilan mau pun forum lainnya, dan Merchant akan berturut-turut menyelesaikan klaim atau gugatan hukum tersebut termasuk memberikan ganti rugi kepada Pasarwarga, seperti biaya pengadilan dan lawyer fee.

 

 

  1. 13.  INFORMASI MEMBER

 

1) Merchant tidak akan menggunakan informasi sehubungan dengan para Member termasuk tetapi tidak terbatas pada alamat-alamat, nomor telepon, jenis kelamin, usia, nama dan alamat sekolah atau tempat kerja, dan atribut-atribut lainnya (selanjutnya disebut dengan ”Informasi Atribut”), termasuk sejarah pembelian mereka di Pasarwarga dan informasi lainnya sehubungan dengan pemakaian Pasarwarga oleh mereka (selanjutnya disebut dengan ”Informasi Pemakaian”; selanjutnya disebut dengan ”Informasi Pelanggan” ketika digabungkan dengan Informasi Atribut) untuk tujuan apa pun selain dari yang diperlukan dalam melaksanakan tugas-tugas serta melakukan Penjualan atau pengoperasian usaha lainnya yang dimaksud oleh Syarat dan Ketentuan ini.

2) Merchant akan memperhatikan privasi para Member, kepentingan para Member dan kepentingan Pasarwarga atas pemakaian Informasi Pelanggan, dan Merchant tidak akan menyingkapkan atau memberikan, apakah dengan kompensasi atau tidak, Informasi Pelanggan mana pun kepada pihak ketiga.  Dengan syarat, akan tetapi, bahwa Merchant dapat menyingkapkan Informasi Pelanggan kepada mereka yang memberikan jasa penyelesaian pembayaran untuk Penjualan dan memberikan jasa pengiriman atau pengapalan Barang-barang kepada Merchant sejauh yang diperlukan untuk penyelesaian Transaksi dan pengiriman Barang-barang.

3) Merchant mengakui dan setuju bahwa Pasarwarga dapat membatasi atau menunjuk jenis, lingkup dan metode pengurusan keamanan informasi atas Informasi Pelanggan yang akan diakses atau digunakan oleh Merchant untuk mengamankan privasi para Member serta untuk mempertahankan kredibilitas Pasarwarga.

 

  1. 4) Setelah berakhirnya atau pemutusan penggunaan layanan, maka Merchant tidak diperkenankan menggunakan Informasi Pelanggan kecuali secara khusus disetujui oleh Pasarwarga secara tertulis.  Selanjutnya, pada saat berakhirnya atau pemutusan penggunaan layanan, maka Merchant tidak akan menarik, mengambil atau membuat penggandaan Informasi Pelanggan yang berada di bawah penguasaan Pasarwarga.

 

  1. 5) Merchant akan mematuhi setiap dan semua hukum serta peraturan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan privasi dan Informasi Pelanggan.

 

  1. 6) Merchant sepenuhnya mengakui dan setuju bahwa setiap penyingkapan dan/atau pembocoran Informasi Pelanggan dapat menyebabkan akibat yang merugikan terhadap reputasi Pasarwarga.  Oleh karena itu, Merchant akan mengambil setiap dan semua langkah-langkah yang diperlukan guna mencegah penyingkapan atau pembocoran Informasi Pelanggan, seperti pembuatan suatu proses untuk pemeliharaan, penyimpanan dan pembuangan Informasi Member yang layak, penunjukkan orang-orang yang bertanggungjawab atas pengurusan informasi dan pendidikan pegawai-pegawai atau staf-staf mengenai hal ini.  Dalam hal Informasi Member entah bagaimana tersingkapkan atau bocor dari pihak Merchant, apakah disengaja atau tidak dan apakah karena kegagalan atau tidak, maka Merchant akan bertanggungjawab untuk membayar ganti rugi kepada Pasarwarga dan kelompok perusahaan-perusahaannya terhadap semua kehilangan, kerugian dan pengeluaran (termasuk akan tetapi tidak terbatas pada ongkos-ongkos untuk membayar kompensasi kepada para Member dan juga biaya kuasa hukum yang wajar), yang timbul daripadanya.

 

  1. 7) Merchant sepakat dan setuju bahwa data informasi terkait aktivitas Member di Pasarwarga akan dimiliki sepenuhnya oleh Pasarwarga dan dapat digunakan oleh Pasarwarga untuk kepentingan Pasarwarga.

 

  1. 8) Ketentuan-ketentuan dalam Pasal ini akan tetap berlaku terlepas dari berakhirnya atau putusnya masa berlaku penggunaan layanan.

 

 

  1. 14.  KERAHASIAAN

 

  1. 1) Baik Pasarwarga maupun Merchant tidak akan meyingkapkan atau memberikan kepada pihak ketiga mana pun suatu informasi rahasia dari pihak lainnya dengan syarat sehubungan dengan penggunaan layanan, mau pun menggunakan informasi tersebut untuk tujuan apa pun selain yang ditetapkan dalam Syarat-syarat, kecuali dalam kasus-kasus dimana pengadilan, kantor administrasi dan/atau pihak berwenang yang relevan mensyaratkan pihak penerima untuk menyingkapkan informasi tersebut dalam rangka pematuhan hukum dan peraturan-peraturan.

 

  1. 2) Kewajiban-kewajiban kerahasiaan sebagaimana diatur dalam Pasal 16.1 tersebut di atas tidak akan berlaku atau tidak termasuk informasi:
    1. a) yang diketahui umum sebelum penyingkapan oleh pihak penerima;
    2. b) yang diketahui umum setelah penyingkapan kepada pihak penerima berdasarkan alasan-alasan yang tidak bersumber dari pihak penerima;
    3. c) dalam penguasaan pihak penerima sebelum penyingkapan oleh pihak yang menyingkapkan; dan
    4. d) disingkapkan secara sah kepada pihak penerima oleh suatu pihak ketiga tanpa kewajiban kerahasiaan.

 

  1. 3) Terlepas dari ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur dalam Pasal 16.1 dan Pasal 16.2, maka Pasarwarga dapat menukar atau berbagi informasi sehubungan dengan Merchant untuk mengoperasikan dan mengatur Pasarwarga dengan kelompok perusahaan-perusahaan Pasarwarga dan perusahaan-perusahaan yang telah masuk ke dalam usaha yang terikat dalam perjanjian dengan Pasarwarga.

 

 

  1. 15.  HAL-HAL YANG DILARANG

 

  1. 1) Merchant tidak akan menjalankan atau melakukan hal-hal apa pun dari yang berikut:

 

  1. a) Melanggar hukum, peraturan perundang-undangan, aturan, ataupun petunjuk apa pun yang berlaku;
  2. b) Melakukan sesuatu yang bertentangan dengan akal sehat masyarakat umum;
  3. c) Melakukan sesuatu yang kemungkinan dapat mengakibatkan kesalahan atau salah pengertian terhadap para Member;
  4. d) Melakukan suatu tindakan yang dapat melanggar hak apa pun, termasuk, tetapi tidak terbatas pada, hak-hak kekayaan intelektual, privasi, reputasi atau kepentingan Pasarwarga, Merchant-Merchant lain yang berpartisipasi di Pasarwarga, para Member dan pihak-pihak ketiga lainnya;
  5. e)Mengumpulkan atau mendorong para Member untuk membeli Barang-barang atau Jasa dari Merchant tanpa menggunakan layanan Pasarwarga, tetapi, tidak terbatas pada, mengiklankan toko-toko di luar Pasarwarga pada page toko, memasang hyperlink pada situs-situs web eksternal pada page toko;
  6. f) Menggunakan Informasi Pelanggan setelah berakhirnya atau pemutusan penggunaan layanan, termasuk, tetapi, tidak terbatas pada pendistribusian surat elektronik dengan isi-isi pengiklanan dan promosi dan kegiatan pemasaran lainnya;
  7. g) Melakukan akses yang tidak diotorisasi ke dalam situs Pasarwarga atau sistem-sistem lain milik Pasarwarga;
  8. h) Melakukan tindakan apa pun yang dilarang oleh Pasarwarga.

 

  1. 2) Merchant tidak akan menjual Barang-barang yang dianggap tidak layak untuk dijual di Pasarwarga berdasarkan kebijakan Pasarwarga.

 

 

  1. 16.  BARANG YANG DILARANG DIPERJUAL-BELIKAN DI PASARWARGA:

 

Segala Jenis barang yang diluar kategori telah di tentukan oleh Pasarwarga, khususnya:

  1. 1) Segala jenis Narkotika kosmetik, obat-obatan, makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan dan keselamatan penggunanya, serta tanpa izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  2. 2) Barang dewasa yang berkaitan dengan kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, pornografi dan obat-obatan dewasa, alat kontrasepsi.
  3. 3) Senjata api, senjata tajam, termasuk ar soft gun dan segala macam senjata.
  4. 4) Seragam pemerintahan, kepolisian, dan barang-barang aparatur kenegaraan.
  5. 5) Bagian/Organ Manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya.
  6. 6) Perlengkapan dan peralatan Judi.
  7. 7) Barang-barang yang bertentangan dengan hak-hak kekayaan intelektual orang lain, termasuk namun tidak terbatas pada:

a)          Barang KW

b)          Barang Replika

c)          Setiap barang yang tidak dapat dibuktikan sebagai barang asli.

  1. 8) Barang-barang yang memiliki unsur dapat membahayakan penggunanya, termasuk namun tidak terbatas pada:

a)          Bahan peledak .

b)          Bahan beracun dan merusakan.

c)          Stun Guns dan Pepper Spray.

d)          Senjata Tradisional.

 

 

  1. 17.  PEMBERITAHUAN

 

  1. 1) Setiap pemberitahuan dan atau surat menyurat yang berkaitan dengan Syarat dan Ketentuan ini harus dilakukan secara tertulis dan ditandatangani oleh pihak yang berwenang untuk itu dapat dikirimkan atau disampingkan secara langsung melalui jasa kurir (untuk hal-hal terebut diperlukan tanda terima dan tanda tangan penerima), melalui telefax, atau melalui email yang tercantum di Pasarwarga.

 

  1. 2) Dalam hal ini terjadi perubahan alamat, maka perubahan tersebut harus diberitahukan secara tertulis kepada pihak lainnya melalui email selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja sebelum perubahan alamat dimaksud berlaku efektif

 

  1. 3) Jika perubahan alamat tersebut tidak di beritahukan maka surat menyurat atau pemberitahuan pemberitahuan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini dianggap telah diberikan semestinya dengan dikirimkannnya atau disampaikannya secara langsung atau melalui email, jasa kurir (untuk hal-hal tersebut diperlukan tanda terima dan tanda tangan penerima). 

 

 

  1. 18.  PENYELESAIAN PERSELISIHAN

 

  1. 1) Apabila terjadi perselisihan antara kedua belah Pihak sehubungan dengan Syarat dan Ketetentuan ini, maka penyelesaian dilakukan secara musyawarah.

 

  1. 2) Musyawarah dilakukan maksimum 3 (tiga) kali dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal surat pemberitahuan timbulnya perbedaan pendapat.

 

  1. 3) Apabila penyelesaian dengan jalan musyawarah tersebut tidak tercapai, maka para pihak sepakat untuk menyelesaikannya melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

 

  1. 19.  FORCE MAJEURE

 

  1. 1) Yang dimaksud dengan force majeure dalam Syarat dan Ketentuan ini adalah keadaan-keadaan yang terjadi diluar kekuasaan dan/atau kemampuan Para Pihak untuk mencegahnya dan tidak dapat dituntut yang mengakibatkan terhentinya atau tertundanya pelaksanaan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini, seperti namun tidak terbatas pada bencana alam, wabah penyakit, pemberontakan, huru hara, perang, kebakaran, sabotase, permogokan umum dan pemberlakuan peraturan/kebijaksanaan pemerintah yang baru.

 

  1. 2) Dalam hal ini pihak yang mengalami force majeure wajib memberitahukan secara tertulis kepada pihak lainnya dalam waktu selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sejak terjadinya force majeure dan pada saat berakhirnya, dan telah diterangkannya secara resmi oleh pejabat pemerintah yang berwenang.

 

  1. 3) Semua kerugian yang diderita oleh salah satu pihak sebagai akibat terjadinya force majeure bukan merupakan tanggung jawab pihak lain.

 

 

  1. 20. ITIKAD BAIK

 

Para Pihak akan berusaha dengan itikad baik dan secara maksimal demi terlaksananya Syarat dan Ketentuan ini.

 

 

  1. 21.  DISCLAIMER

 

  1. 1) Pasarwarga tidak bertanggung jawab atas tuntutan hukum yang terjadi akibat produk yang di tayangkan, ditawarkan dan dijual oleh Merchant melalui Pasarwarga.

 

  1. 2) Pengiriman barang dan/atau pelaksanaan jasa yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku bukan merupakan tanggung jawab Pasarwarga.

 

  1. 3) Kerusakan, ketidaksesuaian, cacat dan/atau perbedaan atas Produk yang diterima oleh Member bukan merupakan tanggung jawab Pasarwarga.

 

 

22.  PERNYATAAN DAN JAMINAN

Merchant dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:


1)
Produk yang ditayangkan pada Pasarwarga sesuai dengan barang riil yang akan dikirimkan kepada Member

2)
Ketersediaan Produk yang menjadi objek Transaksi dan yang ditawarkan merupakan tanggung jawab sepenuhnya dari Merchant.

3)
Produk yang ditayangkan pada Pasarwarga didapatkan dan diperoleh dengan cara sah dan sesuai dengan ketentuan hukum serta perundang-undangan Negara Republik Indonesia.

4)
Merchant telah memperoleh segala perizinan yang diperlukan dan diharuskan sesuai dengan ketentuan hukum serta perundang-undangan Negara Republik Indonesia dan apabila diperlukan Pasarwarga dapat sewaktu-waktu meminta Merchant untuk melengkapi perizinan yang dibutuhkan termasuk namun tidak terbatas pada perizinan sebagaimana diatur dalam Undang-undang informasi dan Transaksi elektronik.

5)
Produk yang diperjual belikan tidak melanggar ketentuan hukum serta perundang-undangan Negara Republik Indonesia termasuk hak kekayaan intelektual pihak ketiga lainnya, tidak cacat baik  sebagian maupun seluruhnya  dan Merchant melepaskan Pasarwarga (termasuk komisaris, direksi, karyawannya dan affiliasinya) dari setiap klaim dan, gugatan dan/atau tuntutan yang timbul dari pihak ketiga terkait Produk yang dijual oleh Merchant.

 
23.  UMUM

1)
Syarat dan Ketentuan ini mengikat antara Pasarwarga dengan Merchant.

2)
Surat-surat, dokumen-dokumen, Formulir Pendaftaran Toko beserta lampiran-lampiran lainnya yang berhubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari Perjanjian ini.

3)
Penggunaan istilah dalam Syarat dan Ketentuan ini hanyalah untuk mempermudah pemahaman dan pengacuan pasal-pasal dalam Perjanjian.

4)
Keabsahan, penafsiran dan pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.



24.  PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN 
Pasarwarga berhak melakukan perubahan Syarat dan Ketentuan dari waktu ke waktu. Apabila Pasarwarga melakukan perubahan Syarat dan Ketentuan, Pasarwarga akan menempatkannya pada Situs Web Kami dan menandai dalam halaman ini mengenai tanggal perubahan terkahir dari Syarat dan Ketentuan. Merchant dengan ini setuju bahwa penggunaan kelanjutan terhadap Situs Web dan Layanan Kami setelah perubahan Syarat dan Ketentuan oleh Pasarwarga merupakan tanda bahwa Merchant menyetujui Syarat dan Ketentuan yang baru tersebut

'
.. loading .. Pasawarga